Selasa, 24 Maret 2015

Gunung Padang Cianjur Diyakini Piramida Tertua ?


Sampel-sampel di Gunung Padang, usianya tua bahkan sampai 5200 SM.

Para Arkeolog yang meneliti situs Gunung Padang di Cianjur belum 100 persen meyakini di sana ada bangunan yang memiliki usia tertua di dunia. Situs itu bahkan lebih tua dari Piramida di Mesir.

Tim Peneliti Situs Megalitikum Gunung Padang, Ali Akbar mengatakan perlu banyak kajian untuk sampai menghasilkan keputusan resmi jika bangunan pra sejarah di Gunung Padang benar berusia 5.200 sebelum masehi (SM). Sebab karbon yang ditemukan harus diperiksa secara berulang.

"Sebenarnya kalau bilang sudah iya (tertua di dunia), yah okay juga. Cuma kalau prinsip keilmuan kita hati-hati aja. Cek lagi dengan penelitiian lagi. Sampelnya yang banyak, yah seperti itu lah," kata AB, sapaan akrab Ali Akbar di Gedung Krida Bakti Jakarta, Selasa (28/1).

Dia menjelaskan Indonesia memang baru belakangan meneliti sebuah situs sejarah. Di awali dengan penggalian Candi Borobudur di Magelang di Tahun 1800 masehi. Khususnya Situs Gunung Padang sebenarnya sudah diteliti pada awal tahun 1900-an. Namun terhenti tidak sampai tahap uji kabon di laboratorium.

"Sampel-sampel di Gunung Padang, usianya tua bahkan sampai 5200 SM. Kita sangat kaget karena kita beda. Karena memang belum uji pertanggalan absolud di situs itu. Jadi memang untuk mengambil sampel itu harus hati-hati. Untuk mendapatkan sampel yang kecil itu kan berupa arang. Sisa-sisa karbon," papar AB.

Nah, AB dan tim pun mengirimkan sampel itu di pusat laboratorium arkeologi di Miami, Amerika Serikat. Di sana juga menunjukan jika usia Gunung Padang peris di angka 5.200 SM.

"Jika itu betul, itu akan mengubah peta peradaban dunia. Bahwa bangunan tertua ada di Indonesia," jelas dia.

Sumber : jaringnews.com

0 komentar:

Posting Komentar